Minggu, 24 Juli 2011

Persiapan Pembuatan Web

Pre Web Design adalah langkah awal (persiapan) yang harus dilakukan dan dipikirkan  sebelum merancang-membangun-membuat situs web-website.
Pada Artikel Pre Web Design Bagian I ini saya tujukan bagi mereka belum punya situs web dan ingin pesan situs web-website atau ingin merancang-membuat sendiri situs web-website. Kalo anda termasuk di dalamnya, silahkan anda ikuti dahulu petunjuk-petunjuk  berikut ini :

1. Content–Tema Website

Content-Tema atau isi situs web-website adalah hal yang paling utama dan penting (pokoknya crucial deh…) untuk memulai merancang sebuah situs web. Dari sebuah tema website anda bisa mulai berpikir, ‘kira-kira apa ya?’ yang akan ditampilkan dan bagaimana nanti jadinya….Ok,dari sini kita sudah dapat satu modal penting!!
Content dari sebuah web bisa ber-format text, gambar,audio-video dan berupa artikel tentang Internet, Berita, Pengetahuan, Teknologi, Tutorial, Edukasi  dan sebagainya, yang nantinya akan anda racik dan ditata alur-nya semenarik mungkin untuk menarik minat baca pengunjung Situs.

2. Tujuan-Manfaat Membuat Website

Setelah menemukan tema yang anda pilih untuk ditampilkan dalam website, anda harus tentukan manfaat-tujuan utama untuk apa anda membangun website tersebut. Apa untuk profil pribadi, forum diskusi (social network), menjual produk, memajang artikel agar mudah ditemukan di search engine, dan lain-lain.

3. Target Pengunjung Website

Target pengunjung yang diharapkan : dari dalam negeri atau luar negeri, laki-laki atau perempuan, pemula atau expert, tua atau muda, dan lain-lain.

4. Aktifitas Pengunjung Website

Penting juga hal ini dipikirkan, setidaknya-kemungkinan apa saja yang nantinya pengunjung website anda lakukan ,mereka bisa membeli atau sekadar memasukkan data seperti nama dan e-mail, mendownload, ikut polling/survey, pasang iklan, dan lain-lain.

5. Alur-Struktur Website

Kerapian penataan sebuah halaman web perlu diperhatikan juga agar pengunjung lebih mudah melakukan navigasi ke tiap-tiap halaman website anda. Setidaknya minimal ada  tombol (menu navigasi ) ; Home,  About, Product, Contact pada halaman website anda.

6. Jenis-Model Website

Situs jenis apa yang ingin anda buat: situs situs statis, situs dinamis, atau situs interaktif, pakai bahasa html, php atau yang lainnya.

7. Browsing- Surfing-Googling

Perbanyak Browsing , Surfing ataupun Googling  situs-situs web di internet, perhatikan dan pelajari dengan seksama tampilan-desain situs yang anda kunjungi ( kalau perlu Bookmark situs web tersebut ). Mungkin disana anda mempunyai ide-ide bagaimana harusnya tampilan situs yang nanti akan anda buat atau pesan.
Demikianlah apa saja yang perlu anda perhatikan sebelum memesan website atau akan membuat website sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar